Redirect 10 seconds

Tips Cara Mudah Mengatasi Nyeri Saat Haid Secara Alami

Tips Cara Mudah Mengatasi Nyeri Saat Haid Secara Alami - Rasa nyeri seperti ini mungkin hanya akan di rasakan oleh kaum hawa saja pasalnya hanya perempuan yang mengalami haid pada usia tertentu pada setiap bulannya, apa sih itu haid atau menstruasi ? Menstruasi atau haid adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal. itulah sedikit info mengenai haid.

Namun tidak sedikit semua wanita merasakan nyeri ketika akan haid ataupun sedang haid atau sedang siklus menstruasi itu, semua itu di sebabkan karena dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembulu darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan, dan rasa nyeri itu biasanya tak akan berlangsung lama tergantung kondisi badan kita sedang fit dan tidak fit, dan ada beberapa faktor makanan yang tidak boleh di konsumsi ketika haid yakni sebisa mungkin anda menghindari kafein, jangan terlalu banyak makan garam, dan makanan cepat saji, biasanya makanan seperti itu akan membuat badan kita semakin nyeri ketika haid.

Lalu bagaimana cara mengurangi nyeri ketika haid? terdapat pertolongan pertama dengan cara-cara tertentu yang bisa kamu lakukan saat nyeri haid datang yaitu dengan cara berbaring di kasur atau di sofa dengan di ganjal dengan bantal pada bagian lutut, juga bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan alami seperti berikut di bawah ini.

mengurangi nyeri ketika haid

Mengonsumsi obat pereda nyeri haid

Banyak obat atau minuman khusus untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi untuk wanita, biasanya mengandung analgesik untuk meredakan nyeri, dan antipiretik untuk pereda demam dengan dosis yang sesuai.

Kunyit asam

Selain dapat menyegarkan tubuh juga dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. kunyit asam bubuk bisa diperoleh di toko jamu, Anda hanya perlu menyeduhnya lalu diminum. Atau Anda juga bisa membuat kunyit asam sendiri di rumah.

Konsumsi makanan mengandung zat besi

mengonsumsi makanan kaya zat besi sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang datang bulan. Contoh makanan yang mengandung tinggi zat besi adalah bayam, daun singkong, kacang-kacangan, ubi merah, hati ayam, dan masih banyak lagi.
Saat menstruasi, wanita rentan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. mengonsumsi buah-buahan dan minum banyak air putih juga akan membantu tubuh lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.

Istirahat cukup

Membantu tubuh lebih rileks dan bugar, sehingga bisa mengurangi sakit akibat menstruasi beristrahatlah yang cukup.

Hindari pakaian ketat

Karena itu lebih baik kenakan pakaian yang longgar dan nyaman saat haid sehingga tidak akan mengganggu ruang gerak dalam beraktifitas.

Mandi air hangat

Menggunakan air hangat saat mandi ini agar tubuh bisa relaks, sehingga dengan perlahan nyeri haid akan berangsur menghilang.

Demikian informasi mengenai tips mudah mengatasi rasa nyeri saat haid, terima kasih dan silahkan anda mencobanya dirumah, semoga bermanfaat dan pastnya memudahkana anda semua.